Learn About Reksadana

ce’ilee sok english banget yak…posting kali ini mau bahas ttg apa yang namanya reksadana nih setelah kemarin udah beberapa kali nyebut-nyebut kata ini…mau tau ngga?..mau tau aja apa banget??..*kata-kata ngeselin*

Jujur ya, emang belum gape banget masalah reksadana ini masih cetek dh tapi ya mudah-mudahan setidaknya bisa kasih sedikit gambaran supaya jadi tau..sama-sama belajar aja.ini juga tau setelah browsing sana sini dan ngintip forum-forum…

Reksadana itu apa sih?

Menurut Undang Undang No. 8 tentang Pasar Modal, reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portfolio efek, seperti deposito, obligasi atau saham oleh Manajer Investasi.

Reksadana adalah investasi patungan karena Anda sebagai investor akan masuk kedalam reksadana bersama-sama dengan investor lainnya. Dalam reksadana, selain investor ada Bank Kustodian yang berperan menyimpan dana, melakukan transaksi dan administrasi serta Manajer Investasi, badan yang berperan mengelola dana yang terkumpul sesuai dengan ketentuan dalam prospektus.

Jumlah seluruh dana dalam wadah reksadana dibagi dengan jumlah unit yang dikeluarkan manajer investasi adalah Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit. Inilah harga atau angka yang kita perhatikan pada saat kita membeli reksadana.

contoh gampangnya : misal kita beli Reksadana Saham A dengan nilai aktiva bersihnya (NAB) Rp. 100 trus kita punya uang Rp. 10.000 jadi nilai investasi yang kita peroleh adalah harga NAB per unit Rp.10.000 / Rp. 100 = 100 unit penyertaan

jika dalam sebulan kemudian perkembangan harga NAB per unitnya naik jadi Rp. 125/unit berarti dana yang kita investasikan sudah naik menjadi Rp. 12.500 rupiah atau naik sebesar 25%, bisa juga bekurang ketika harga NAB turun.

yah kira2 begitulah gambaran kecilnya…

Saya juga mulai reksadana awalnya masih ragu dan takut, bener ga ya?, apakah suami juga bakal setuju untuk invest pendidikan Adiva melalui reksadana ini, bukan melalui Asuransi Pendidikan?, setelah baca thread di mommiesdaily, sedikit terbuka pengetahuan saya tentang RD ini tapi ngga langsung buka juga, tetap masih mikir kesekian kalinya dan browsing, blogwalking di blogger2 kece yang udah duluan punya n sharing tentang RD, hampir sekitar 3 bulanan deh kayaknya (ini karena udah lemod kali ya ga ngerti2.hehehe) dan akhirnya keputusannya diambil juga berkat satu penambah keyakinan dan mantap untuk segera invest di RD..YUPSS impact dari baca bukunya Mba Ligwina Hananto (Financial Planner) yang sebelumnya pernah di bahas disini, sampe sekarang sih masih berusaha untuk belajar dan lebih mengerti lagi..tapi setidaknya ngerasa udah pas naro buat pendidikannya adiva di RD ini..

Semoga saja…Aamiin

Recommended Book…

Kali ini mau bahas tentang buku favorit yang ada dirumah…banyak sih sebenernya cuma pengen bahas buku yang satu ini dulu, kali aja bisa provokasi biar kita lebih melek..meskipun semenjak lahiran minat bacanya jadi menurun (ekarena urus anak cencunyaa..alasan!;p)

Maksudnya melek disini adalah sadar akan betapa pentingnya manajemen keuangan dan perlunya investasi dalam sebuah keluarga..apalagi keluarga kecil kaya kita ini (red:mahmud anak satu), mumpung si anak belum syekolaah ada baiknya kita merencanakan buat dana pendidikannya nanti…tsaaah bukan berarti eike udah berhasil mencapai financial freedom…masihh jauh jek…makanya butuh proses belajar, belajar dan pengalaman tentunyaa..

Nah di buku ini nih yang bikin aku jadi tercengang bacanya….hah??!!gilaa?!!duit segitu guede amaaat…mampu ga ya gw ngumpulinnya…yah begitulah kesan pertama kali sehabis baca buku ini…coba deh kalo ga percaya baca bukunya mba Ligwina Hananto CEO QMFinancial dijamin pengsaaan…hehehe, seneng banget baca tweetnya dia @mrshananto bermanfaat banget..apalagi kalo niat dan sungguh-sungguh diterapin dalam keuangan keluarga mungkin bisa lebih makmur dan sejahtera #halah…pengen juga sebenernya ikut seminar-seminarnya or jadi kliennya…tapi takut mahal bok buat sehari-hari masih mikir..hahahaha

ini dia bukunya….

Cover-THE-BOOK-Res-721

Apakah setelah baca buku ini ada perubahan buat keluarga kecilku??…oooh sangat khususnya buat aku nih sebagai menteri keuangan..yah walaupun belum berubah total at least mencoba untuk menuju lebih baik, masih banyak yang harus di rem sebenernya saat ini sepertinyah saya masih boros (T_T) dan akhirnya jadi melek investasi, alhamdulillah walaupun masih sedikit udah ada investasi dalam bentuk Reksadana dan Dinar (tapi sudah habis terjual buat nambahin DP rumah kemarin..syedih)…

Makanya nih di tahun 2013 ini pengen lebih mengencangkan ikat pinggang dan kalo bisa nambah lagi investasinya…(cukup ga ya??) hehehe secara udah ada cicilan KPR sekarang…yah ga maksain juga liat sikon keuangan yang penting kalo mau menabung itu kata mba Ligwina harus dimulai dari depan bukan nunggu sisanya dulu baru di tabung…(susye ternyata..fiuuh) semua balik lagi ke kitanyaa pasti..kalau kata om Warren Buffet “Price is what you pay. Value is what you get”…:)