Makaroni panggang

Udah lama banget nih blog ga ada penghuninya…makdarit kali ini mau bagi pengalaman pertama masak makaroni panggang (lagi seneng masak nih ceritanya;p) resepnya dari temen kantor ditambah browsing sana sini hehehe..
Pilih resep makaroni panggang ini karenaaa..mau nyobain hepikol baru…hihihi pamer ih..yg  tersohor katanya ibu-ibu…mari kita buktikan kehebatan si hepikol ini..
Bahan-bahannya mudah didapat di pasar or disupermarket :
– bawang bombay ( 1-2 siung)
– bawang putih secukupnya
– makaroni elbow
– telur 5 butir
– daging giling (terserah sih sesuai selera boleh diganti ayam or sosis)
– lada
– oregano (optional)
– susu ultra putih (pake yang 200ml)
– keju cheddar or mozarella
– margarine
– saos sambal
– saos tomat

Cara membuat :
-rebus makaroni boleh dtmbh sedikit garam (beri sedikit minyak pada saat merebus agar tidak menempel) sampai mengembang   angkat dan tiriskan
– panaskan margarin
– masukan potongan bawang bombay dan bawang putih yg telah dirajang halus sampai harum
– masukan daging giling ke dalam tumisan hingga matang
– masukkan saos sambal dan tomat (lebih banyak saos tomat lebih enak)
– beri garam secukupnya aduk-aduk
– setelah matang matikan api

– tuang susu cair ke dalam panci lalu aduk-aduk
– sambil terus diaduk masukan keju sesuai selera sampai meleleh dan mendidih
– masukan lada dan oregano kemudian aduk kembali setelah itu matikan api

– campurkan adonan daging giling dan makaroni ke dalam adonan susu kemudian diaduk sampai rata
– masukkan kocokan telur aduk kembali
– setelah selesai mencampurkan semua adonan masukan dalam wadah hepikol atau ke dalam cetakan alumunium foil
– boleh ditaburi keju cheddar diatas adonan
– panggang dengan hepikol hingga matang (+- 15 menit)

image

Hasilnya lumayaan lah untuk pemula (hibur diri sendiri) kata temen kantor sh gitu…etapi kata Adiva pun enaak loh yg nyobain pertama…anak kecil kn polos n blm tau bohong….;p

image

Dan ternyata masak menggunakan hepikol cepet dan gampang buat yg amatir kaya saya apalgi yg udah gape pst lebih mudah lagi.terbuktii daripada harus beli oven listrik watt nya besar (teteup emak sumirit)..jadi pengen eksperimen lagi niih…(bukan promosi looh)..

Silahkan mencobaa…;)

Advertisements

Bento…

Duh sotoy banget ya tau-tau penasaran sama per”Bento”an, woy bangun woy..masak biasa aja belom lulus udah mau macem2…biariin lah ya namanya juga manusia ga pernah puas kan apalagi soal belajar…tsaaah..

Ini karena habis liat blog ibu2 master chef…aslik deh iriii berat…(!_!)

Ko bisa ya bikin makanan sebagus itu, rasanya ga tega tuh mau dimakan…(lah bukannya tujuanny buat anak yah tertarik sama bento?)*gagal fokus*..secara anaknya kan masih piyik…hehehe lagi-lagi pembenaran.

Tapi bener sih ujung-ujungnya nanti pengen nyenengin anak…karena pengen bikin seneng anaknya makanya emaknya harus jago masak pleus kreatip!, sekarang baru tahap baca-baca dulu nih mudah-mudahan ga cm sekedar baca tapi dipraktekin bun!:p

Beberapa waktu lalu sempet loh pengen belajar seni menghias bekal makan ala jepang ini sampek pengen ikut istrinya temen ayahnya daftar ke kelas bento…tapi lagi-lagi gagal karena masih belom tega sama bayi kalo harus ninggalin dirumah pas hari libur secara senin-jumat cm malem aja ketemunya..ya sudlah jadiin resolusi aja di tahun 2013 selain bisa masak tentunya kita harus pun bisa nge”Bento”…pokoknya sekali lagiiii aseeeeekkkk…eh jadi ngaco itu mah lagunya iwan fals…xixixi

nih yang bikin tambah gregetan n pengen banget bisa buat bento :
Girls Bento 1

Girls Bento 3

gambar diambil dari sini

cantik yah…pasti Adiva bangga deh sama Bundanya kalo bisa bawa ini ke sekolahnya kelak…hehehee

Cooking is fun!…actually…:p

Kemana ajaaa…*dipentungnyokap*…yabes gimana ya sebagai wanita karir yang sok sibuk sebut saja dengan kata lain malasss!!!hahahaa*biggrin*, kasiaan amat juga ya haree gene baru bergejolak rasa pingin memasaknya, masaknya juga masih yang gampil-gampil sih masih level beginner bangettt tapi seenggaknya udah mulai sadar kalo memasak itu penting!!apalgi udin punya anak n kasian juga sih suami punya istri ngga bisa masaak…;p

Ternyata masak itupun ngga sesulit yang difikir ya, apalagi kalo bahan dasarnya cuma kaya si cabe dan bawang ya ampuuun ajaib banget nih buah-buahan#eh trmasuk buah ga sih?, bisa jadi masakan apa aja nasi goreng, balado telor, sambel goreng kentang…cuma tinggal tambahin garem aja trus ulek-ulek…voilaa…sesimpel itu!masih cetek ya ilmunya, we don’t know if we don’t try…

Awal masak banyak gagalnya itu pastii…yakalii langsung enak dan cantik tampilannya *emangnya gue titisannya Farah Quin;p*, beberapa kali nyoba masak nasi goreng beberapa kali juga rasanya ancuuuuurrr….tapi dimakan juga sama suami(hahahaha…karena ditodong golok), yang keasinan sampe yang ga ada rasanya..masak nugget pun pernah sampe gosong…item maritem karena apinya kegedean…tetep juga dimakan dalemnya karena sayang..(!_!) bcoz of that jadi semakin terpacu supaya lebih baik lagi, agak repot juga karena masih punya bayi mungil dirumah jadi yah masaknya bisa berjam-jam, tunggu anaknya tidur, bangun, nyusuin dulu, atau ngga ya dilimpahkan ke ayahnya tapi susah juga karena tetep aja yang dicari induknya hehehe.

Ada beberapa hal yang masih ditakutin waktu masak adalah  :

Takut kasih bumbu
Sampe sekarang masih tremor tangannya kalo mau kasih garem*sigh*, feelingnya blom dapet banget buat nakerin seberapa banyak yang harus dikasih sama bahan yang mau dimasak.
 
Takut Kena Minyak
Pletak..pletok..pletak..pletok begitulah bunyinya kalo masak ayam ditambah percikan-percikannya…duwh kadang kena kulit kayak dicubit, jadi tipsnya mending pake tutup panci dan kalopun mau dibalik mending dimatiin dulu gasnya baru setelah selesai dibalik nyalakan lagi kompornya.
 
Takut Ga Enak
Ya pasti kan..semua orang pengen hasil masakannya enak dan di makan! that’s the point…kalo udah capek trus ga dimakan rasanyaa…sayang dan sia-sia bok perjuangan memeras keringat dan airmata (akibat bawang tentunya..wkwkwk), yah tapi bukan proses belajar namanya kalo ga kenal gagal…jadi tetep sumangat!!
 
Mari kita eksplorasi resep di dunia maya…maapin ya temen-temen atau ibu-ibu yang suka saya intip resepnya…matur nuwun sanget njih…kalo bisa minta tolong dibimbing dan diajarken (inipun kalo ada yg baca dan bersuka hati jadi suhu saya…;p)

Nasgor Tanpa Rasa…(!_!)

Sudah berulang kali sang misua minta dibikinin nasi goreng buatan ku, bukan ga mau bikinin tapi ya karena tingkat kepedeanku dalam hal memasak di level krisis so ntar-ntar deh kl disuruh masak…:p, akhirnya karena merasa berdosa..hehehe lebay mencoba dan memberanikan diri untuk memasaak…

mari sebelumnya kita beli bumbunya dulu yaitu :

> cabe, bawang merah, bawah putih, terasi dan kecap

gaya ga mau pake bumbu instan supaya terhindar dari MSG..(sok iye banget yak;p)

Sipp..bahan2 telah tersedia, Adiva udh dipegang sama ayahnya..dan eng ing eng..

1. Kupas bawang merah ga banyak2 5 siung aja karena buat berdua

2. Kupas bawang putih 2 siung (ga trllu suka aromany yg terlalu pekat)

3. Cabe di petik tangkainya

4. Ulek semua bahan tadi..(nangis nguleknya karena ada bawangnya..duhh baru bikin nasgor aja udh mewek yee…:P)

5. Setelah halus kasih garem, trus panaskan minyak di wajan

6. Tumis bahan2 yang sudah dihaluskan tadi sampai harum, lalu masukkan nasi plus tambahin kecap manis (selera masing2)

gayanya udh kaya sisca soewitomo yah *ngarep* daaaan hasilnyaaaa………….kurang garemm…ga berasa apa2 (@_@)…hikssss gagalll….!!

tapi kata suami sih gpp namanya jg belajar lain kali musti lebih enak…(Alhamdulillah lega dikit..) siyaap deh kl gitu besok2 harus lebih semangat lagi n mdh2n aja gak malesss…Fiuuuhh *elap keringet*