Learn About Reksadana

ce’ilee sok english banget yak…posting kali ini mau bahas ttg apa yang namanya reksadana nih setelah kemarin udah beberapa kali nyebut-nyebut kata ini…mau tau ngga?..mau tau aja apa banget??..*kata-kata ngeselin*

Jujur ya, emang belum gape banget masalah reksadana ini masih cetek dh tapi ya mudah-mudahan setidaknya bisa kasih sedikit gambaran supaya jadi tau..sama-sama belajar aja.ini juga tau setelah browsing sana sini dan ngintip forum-forum…

Reksadana itu apa sih?

Menurut Undang Undang No. 8 tentang Pasar Modal, reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portfolio efek, seperti deposito, obligasi atau saham oleh Manajer Investasi.

Reksadana adalah investasi patungan karena Anda sebagai investor akan masuk kedalam reksadana bersama-sama dengan investor lainnya. Dalam reksadana, selain investor ada Bank Kustodian yang berperan menyimpan dana, melakukan transaksi dan administrasi serta Manajer Investasi, badan yang berperan mengelola dana yang terkumpul sesuai dengan ketentuan dalam prospektus.

Jumlah seluruh dana dalam wadah reksadana dibagi dengan jumlah unit yang dikeluarkan manajer investasi adalah Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit. Inilah harga atau angka yang kita perhatikan pada saat kita membeli reksadana.

contoh gampangnya : misal kita beli Reksadana Saham A dengan nilai aktiva bersihnya (NAB) Rp. 100 trus kita punya uang Rp. 10.000 jadi nilai investasi yang kita peroleh adalah harga NAB per unit Rp.10.000 / Rp. 100 = 100 unit penyertaan

jika dalam sebulan kemudian perkembangan harga NAB per unitnya naik jadi Rp. 125/unit berarti dana yang kita investasikan sudah naik menjadi Rp. 12.500 rupiah atau naik sebesar 25%, bisa juga bekurang ketika harga NAB turun.

yah kira2 begitulah gambaran kecilnya…

Saya juga mulai reksadana awalnya masih ragu dan takut, bener ga ya?, apakah suami juga bakal setuju untuk invest pendidikan Adiva melalui reksadana ini, bukan melalui Asuransi Pendidikan?, setelah baca thread di mommiesdaily, sedikit terbuka pengetahuan saya tentang RD ini tapi ngga langsung buka juga, tetap masih mikir kesekian kalinya dan browsing, blogwalking di blogger2 kece yang udah duluan punya n sharing tentang RD, hampir sekitar 3 bulanan deh kayaknya (ini karena udah lemod kali ya ga ngerti2.hehehe) dan akhirnya keputusannya diambil juga berkat satu penambah keyakinan dan mantap untuk segera invest di RD..YUPSS impact dari baca bukunya Mba Ligwina Hananto (Financial Planner) yang sebelumnya pernah di bahas disini, sampe sekarang sih masih berusaha untuk belajar dan lebih mengerti lagi..tapi setidaknya ngerasa udah pas naro buat pendidikannya adiva di RD ini..

Semoga saja…Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s