Biskuit..yes or no?

Udah matgay niih buat bikin makanan Adiva..terutama buat makanan selingannya, buah sih udah dikasih setiap hari diantara makan pagi dan makan sore, Alhamdulillah sangat Adiva doyan makan, ga perlu dipaksa-paksa ada orang makan pun dia selalu mau ikutan nimbrung makan alhasil ya disuapin juga walaupun hanya nasi putih hap..masuk ke mulutnya..nah ceritanya emaknya pengen kasih makan selingan gitu ,karena hal diatas jadi si mbah uti nya pun menyuruh untuk dikasih biskuit. Awalnya aku masih ngga mau ntar aja deh,,tapi karena si bayik ini suka makan n ngemil (like mother like daughter:p) makanya akhirnya memutuskan beliin si Adiva biskuit untuk cemal-cemilnya…

Belum selesai sampai disini, pemilihan biskuitnya pun ya masih bingung, kan emaknya pengen no gulgar juga..(tapi ga terlalu kaku banget), akhirnya ceka-ceki sana sini liat juga biskuit homemade eh tapi ko ya mihil amat biaya pengirimannya seharga setoples biskuitnya juga karena yang antar kurirnya langsung (teteup yak mak irit) akhirnya memutuskan untuk membeli biskuit Baby Choice ini :

nah ini juga tadinya ayahnya ga ngebolehin karena ktnya ada pengawetnya dan lebih cenderung setuju sama buah buat cemilannya..yaa tapi ak juga kasih biskuit ini ga sering-sering 2 hari sekali sebungkus (red:isi 2),fiuhhh agak sedikit kuciwa juga karena ternyata di kotaknya tertulis ada gula garamnya (sebelumnya nanya tp katanya ngga mengandung gulgar:( )tapi ya sudlah tak mengapa.. awalnya mau dikasih G*rb*r, tapi ku fikir kayaknya kekecilan takut keselek even biskuit ini katanya cepet lumer di mulut dan lucu sih bentuknya bintang-bintang, kalo m*lna katanya terlalu manis soo kupilih Baby Choice aja deeh(padahal bunda yang milih:p)..kupesen yang original, ternyata bentuknya itu kayak kerupuk ya cm rasanya ya plain…Adiva dikasih ini sih masuk-masuk aja kemulutnya, dipegang sendiri, seneng dikunyah-kunyah tau2 habis..padahal belum punya gigi looh..kayaknya gatel jadi ya habis aja dilahap..(sampai saat ini belum numbuh giginya)

Well sebenarnya sih katanya sebaiknya menghindari pemberian biskuit bayi, meskipun homemade, kenapa? ini alasannya : (ijin copas ya)

Berikut penjelasan bapak Wied Harry dalam milis Gizi_BayiBalita :
“Soal biskuit/kue kering, buat saya bukan hanya soal biskuit/kue kering itu dibuat sehat atau tidak sehat. Bayi adalah pembelajar, begitu dia untuk pertama kalinya menikmati finger food dibiasakan menikmati biskuit/kue kering, maka rekaman “rasa enaknya” adalah si biskuit/kue kerng itu. Maka nanti ketika dia sudah terbiasa dengan snack biskuit/kue kering, yang dicari adalah snack tersebut. Padahal,
[1] Biskuit/kue kering enak-sehat-alami belum tentu selalu tersedia di rumah. Nah kalau dia sudah “mencandu” biskuit/kue kering, maka dia bisa dengan mudah mencomot biskuit/kue kering warung – pastinya ini jenis makanan nakal.
[2] Biskuit/kue kering tidak lagi mengandung enzim, sehingga harus menguras enzim tubuh untuk mencernanya. Artinya, jika ini dibiasakan, berarti kita memboroskan fungsi organ cerna anak kita.

Lanjutannya, kita membiarkan anak kita kelak lebih mudah terganggu organ-organ cernanya, sehingga tubuhnya lebih dini memunculkan sinyal hipertensi,hiperkolesterol, hiperglikemik, dll.

Makanan sehat adalah makanan yang sedekat mungkin dengan bentuk alaminya.

Tapii karena adiva tetep pun mau apa aja gamaudisalahin,jadi gapapalah cukup yang sekotak ini saja , kalau habis mau tambahin makan buahnya lagi aja …hehehe begitulah kira-kira ibuk2, tapi semua balik lagi ke individu masing-masing yaa kan beda2 tuh sudut pandang n pemahamannya terhadap sesuatu…so depend on ur choice mom…:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s